Image result for gambar orang belajarBelajar dengan cara yang salah maka hasillnya akan cendrung salah, sama seperti orang mau keluar rumah, namun ia membuka pintu jendela pasti ia akan gagal keluar rumah. Begitu juga belajar. Untuk cepat dan mudah dalam menggapai kesuksesan anda harus menggunakan metode belajar yang benar.
Dengan menerapkan metode belajar yang benar maka kecerdasan yang kita miliki bisa meningkat secara bertahap. Karena kecerdasan tidak hanya warisan tetapi juga diciptakan. Belajar dengan sistem dan metode yang benar adalah salah satu cara meningkatkankecerdasan kita semua.


Anda yang menganggap diri anda sebagai orang bodoh atau lelet ataupun tidak mempunyai kelebihan apapun, mulai sekarang anda tidak boleh pesimis terhadap masa depan, karena anda termasuk orang yang bisa menciptakan masa depan yang gemilang juga, anda bisa belajar menjadi orang sukses, anda bisa menjadi orang jenius dan cerdas. Anda bisa menjadi manusia yang sangat berguna dan juga anda bisa sukses. Mari kita lihat cara sukses dalam belajar berikut ini:

Cara Sukses dalam Belajar

Image result for gambar orang belajar 1. Pahami Pelajaran
Dalam belajar anda tidak harus menghafal, tetapi anda diharuskan untuk memahami setiap pelajaran yang anda belajar. Mungkin anda diharuskan menghafsal pelajaran seperti dibuku, tetapi cara ini kurang bagus karena anda percuma menghafal kalau tidak memahami dan itu juga akan membuat anda lupa nantinya (lupa pelajaran yang dihafal), Pahami bukan menghafal. Dalam konteks ini anda bukan hanya membaca apa yang anda baca tapi anda juga harus mengerti akan apa yang anda baca. Untuk memahami apa yang anda baca maka di perlukan adanya pengulangan bacaan tersebut supaya anda bisa memahami isi dari bacaan tersebut.

2. Banyak membaca
Membaca adalah gerbang kesuksesan, iya benar, karena setiap ilmu yang kita miliki adalah hasil dari yang kita baca, hanya sedikit hasil yang kita dengar. Maka membacalah setiap buku pelajaran anda sambil memahami setiap hal anda bacakan. Baca buku apapun, apakah itu buku pelajaran atau buku yang berkenaan dengan hobi anda. Kunci dari ilmu pengetahuan adalah dengan membaca sebab apabila kita membaca, disitu kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang belum kita dapatkan sebelumnya.

3. Mencatat Pokok pelajaran
Catatlah hal-hal penting dalam pelajaran anda. Anda tidak harus mempelajari semuanya, tetapi cukup pelajari poin-poin penting saja. Jangan buang waktu untuk mempelajari yang tidak penting. Kalau anda sudah mencatat pokok-pokok pelajaran, sekarang tugas anda adalah menghafal kata kucinya, menghafal kata-kata kunci dalam pelajaran anda. Tentu ini tidak membuat anda harus mempelajari semua pelajaran.

4. Mencari waktu belajar yang tepat
Ini mungkin setiap orang berbeda, terkadang anda nyaman untuk belajar dalam waktu tertentu, jadi gunakan waktu yang anda anggap nyaman bagi anda untuk belajar. Selama satu hari itu silahkan anda pilih waktu yang memang efektif dan memungkinkan anda untuk belajar supaya ketika belajar, anda tidak terganggu dengan hal-hal yang lain.
Image result for gambar orang belajar
5. Suasana Belajar Nyaman
Kenyamanan suasa dalam belajar juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan belajar, maka ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar, apakaha harus belajar di bawah pokok kayu secara kelompok atau dengan menggunakan ruangan full Ac atau dengan cara yang lain. Ata bisa juga anda mencari cara lain untuk menimbulkan rasa nyaman pada diri anda ketika anda belajar sehingga apa yang anbda pelajari bisa masuk secara mudah kedalam fikiran anda.

6. Mengembangkan teori yang sudah anda pelajari
Pelajaran yang sudah anda peljari silakan anda kembangkan, dengan mengembangkan teori yang sudah anda pelajari anda sedang membangun kreatifitas anda. Makanya orang yang kreatif itu biasa menggunakan kemampuan Otak kanan, yaitu keinginan untuk terus mengetahui dalam suatu teori sehingga ia mampu menghasilkan hal-hal baru. Jangan hanya puas akan apa yang telah anda dapatkan, tetapi terus cari dan cari apa yang bisa dikembangkan dari apa yang telah anda dapatkan. Mulailah berfikir kreatif agar otak anda terbiasa dengan hal tersebut.
 
Image result for gambar orang belajar 7. Belajar Kelompok
Dengan metode belajar kelompok anda bisa bertukar pikiran, tentu ini akan memberikan
banyak masukan kepada anda sehingga pengetahuan anda semakin bertambah dari hari ke hari. Diskusi adalah salah satu cara yang efektif untuk belajar dan memecahkan permasalahan yang terdapat dalam suatu pelajaran. Karena apa, diskusi ini terdiri dari banyak individu dan masing-masing individu memiliki cara berfikir yang berbeda-beda. Maka dari itu ketika kita sedang berdiskusi kita akan saling berbagi konsep, peikiran dan lain sebagainya sehingga yang awalnya kita belum tahu dan belum paham menjadi lebih tahu dan lebih paham pula.

8. Berdoa
Ini adalah kiat meraih kesuksesan yang terpenting, karena doa adalah senjata mukmin dan do'a adalah tanda bahwa kita membutuhkan pertolongan Allah dalam meraih kesuksesan kita, bagaimana tidak karena yang memberikan kita sukses adalah Allah.Ingatlah sobat, di atas langit ada langit lagi. Sesuatu yang ada di dunia ini segalanya hanyalah milik Allah semata. Jikalau anda ingin lebih paham dan pintar dalam belajar jangan hanya berusaha saja, tetapi ingatlah untuk senantiasa berdoa disela-sela anda belajar entah di awal atau di akhir setelah belajar.


Demikianlah artikel Cara sukses dalam belajar, marilah kita sama-sama saling berbagi ilmu karena ilmu ini tidak akan habis jika kita sebarkan namun ilmu ini akan terus bertambah dan insyaallah menjadikan berkah bagi yang mengamalkannya. So, selamat mencoba ya sob terus berusaha dan berdoa, jangan puts asa karena yang namanya usaha pasti ada saja halangannya. Jangan jadikan halangan itu sebagai beban bagi kita tetapi jadikanlah halangan itu adalah tantangan yang harus kita lali dan kita slesaikan dengan cepat dan benar.
 Image result for gambar orang berdoa kartun

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Bentuk 3 Dimensi

Tips Agar Tidak Bosen Belajar