Cara menjadi siswa yang Berprestasi dan Unggul di dalam dan di luar Kelas

Hai sobat pelajar dimanapun berada, kali ini kami akan memberikan tips dan cara supaya kita dapat berpresatasi dan unggul baik didalam maupun diluar kelas. Sebelumnya akan kami ulas terlebih dahulu tentang apa it hard skills dan soft skills yang ada pada diri kita. Bila anda adalah seorang yang berfikir bahwasannya anda tidak mempunyai kemampuan apa-apa, anda tidak mampu untuk melakukan apa-apa, anda tidak bisa dan lain sebagainya itu adalah kesalahan terbesar dalam hidup anda. Setiap manusia ini diciptakan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Anda jangan melihat kekurangan yang ada pada diri anda saja, tapi mulailah melihat dari isi yang lain yakni kelebihan yang ada pada diri anda sehingga kita nantinya lambat laun akan terbiasa melatih dan mengembangkan potensi apa yang ada pada diri kita.  
Gambar terkait
Hard skills adalah kemampuan yang ada pada diri seseorang berkaitan dengan IQ atau daya fikir seseorang atau biasanya kita kenal dengan daya kerja otak kiri. Nah sedangkan soft skills adalah kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh seseorang dan ada kaitannya dengan otak kanan. Antara otak kanan dan otak kiri kita haruslah seimbang sehingga kita nantinya dapat dengan mudah memahami sesatu itu tidak hanya menggunakan sisi pandang tnggal saja, tapi banyak sisi yang dapat kita lihat. Hal tersebut erat sekali kaitannya dengan prestasi kita, naaaah berikut adalah bagaimana cara agar kita dapat menjadi siswa yang berprestasi dan unggul didalam dan diluar kelas:

1. Siapkan Otak dan Tubuh anda untuk belajar
Hasil gambar untuk gambar orang belajar
Artinya apa, disini dibutuhkan keserasian antara otak dan juga tubuh kita. Apabila tubuh kita dalam keadaan sakit ataupun tidak memugkinkan untuk belajar maka otak kita juga akan sulit untuk menerima apa saja yang akan kita pelajari. Oleh karena itu kita pernah dengar pepatah bahwasannya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, artinya bia tubuh kita sehat maka jiwa kita juga sehat dan kuat sehingga apabila kita gunakan untuk belajar, otak dan tubuh kita bisa seimbang dan saling beriringan.

2. Belajarlah dengan cara yang anda sukai
Dalam belajar pastilah masing-masing anak akan berbeda cara. Nah silahkan gunakan cara itu dalam memahami pelajaran yang akan ada pelajari karena jika kita dalam keadaan nyaman dan tenang, otak kita ini akan fresh dan mudah untuk menerima sesuatu. 

3. Lihatlah diri anda dari sisi lain
Hasil gambar untuk gambar orang berpikir kartunArtinya adalah kita dalam memahami kemampuan yang ada dalam diri kita janganlah hanya menggunakan satu sdut pandang saja. Kemampuan masing-masing orang berbeda-beda dan itu perlu kita kenali sejak awal. Jadi marilah kita mulai berfikir akan apa yang ada pada diri kita dan itu harus kita latih secara rutin agar kita dapat memantapkan potensi apa yang ada pada diri kita.

4. Memadukan anatara Soft skill dan Hard skill
Penguasaan mahasiswa terhadap hard skills maupun soft skills harus berimbang. Kemampuan ini akan sangat menunjang kesuksesan di masa depan saat terjun di masyarakat. Prof Masrukhi mengemukakan, hardskill ada juga yang mengatakan identik dengan IQ sedangkan softskill dapat diidentikkan dengan ESQ.

“Kedua skill ini mestinya selalu seimbang. Ketika softskill dan hardskill menyatu bisa melahirkan insan-insan yang cerdas, pandai, dan kompetitif,” kata Prof Masrukhi.

5. Jangan merasa puas akan keberhasilan yang telah dicapai
Hasil gambar untuk gambar orang belajarJika kita telah berhasil mencapai suatu target dengan baik maka janganlah puas dengan apa yang teah anda capai. Namun berusahalah untuk menjadi yang lebih baik lagi bdan jangan lupa untuk tidak sombong.


6. Terus belajar, berusaha dan Berdoa
Usaha secara maksimal memang perlu kita lakukan ketika belajar agar permasalahan-permasalahan belajar yang kita hadapi bisa terselesaikan satu-persatu. Selain itu dengan terus belajar kita jga dapat menambah ilmu pengetahuan yang kita miliki dan meningkatkan kecerdasan serta daya berfikir kita. Akan tetapi semua itu harus kita imbangi dengan berdoa kepad Allah SWT karena apapun usaha yang kita lakukan, seberapa sering kita belajar, hasilnya adalah keputusan dari Allah SWT. Maka dari itu marilah kita seantiasa seetelah selesai belajar dan berusaha, hendaklah kita berdoa supaya hasil yang kita inginkan dapat terwujud dan bahkan lebih dari itu.

Hasil gambar untuk gambar kartun orang sedang berdoaDemikianlah salah satu artikel kami yang menjelaskan beberapa tips untuk menjadi siswa yang berprestasi baik didalam maupn diluar kelas. Namun segala sesuatunya itu kembali kepada individu masing-masing, karena semuanya diperlukan niat dan tekad yang kuat sehingga nantinya akan ada usaha-usaha yang dilakukan guna memenuhi keinginan tersebut. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang menyinggung dan kuar berkenan dihati sobat-sobat sekalian. Selamat belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Bentuk 3 Dimensi

Tips Agar Tidak Bosen Belajar